Universitas Indonesia atau lebih di kenal dengan singkatan “UI” adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Begitu banyak calon mahasiswa yang memperebutkan kursi ingin masuk di UI dengan berbagai jalur ujian yang disediakan. Kampus UI terletak di dua lokasi, yaitu di Depok (tepat di perbatasan antara Jakarta Selatan dan Kota Depok) dan terletak di Salemba, Jakarta Pusat. Nah, tentunya kalian pengen tau dong ada fasilitas apa aja sih sebenarnya di UI.

UI memanjakan para mahasiswanya dengan fasilitas/ sarana prasana yang terbilang lengkap, yaitu:

  1. Perpustakaan

Sebuah kampus tidak lengkap rasanya jika tidak terdapat sebuah fasilitas yang namanya “perpustakaan” apalagi kampus sekelas UI. Luas bangunan perpustakaan pusat sekitar 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai dengan slogan “Crystal of Knowledge” dan menjadi salah satu landmark-nya UI. Selain itu, perpustakaan ini juga mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dengan dilengkapi sekitar 1,5 juta judul buku. Perpustakaan Pusat UI merupakan salah satu yang terbesar di Asia koleksinya. Dari sisi teknologi,  perpustakaan pusat UI juga menerapkan digital library online information system sehingga pengunjung dapat secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan. Selain itu, juga banyak terdapat  outlet seperti Bank BNI, Gold’s Gym, Starbucks, Books & Beyond, Indomaret, hingga berbagai cafe lainnya. Waaoow, tentunya sangat menarik sekali ya. Bikin betah lama-lama di perpustakaan niih.

  1. Asrama

UI juga menyediakan asrama lho bagi mahasiswa. Ada 2 asrama, yaitu asrama mahasiwa UI Depok dengan kapasitas 480 kamar putra dan 615 kamar putri dan asrama aahasiswa UI Wismarini Jakarta Timur dengan kapasitas 72 kamar putra dan 111 kamar putri.

  1. Sarana Olahraga

Meskipun UI sebuah kampus yang tidak difokuskan untuk olahraga, tetapi UI tetap memiliki sarana olahraga yang cukup lengkap lho, yaitu:

  • Stadion
    • Lapangan sepak bola & futsal
    • Lompat jangkit
    • Atletik
  • Indoor(gymnasium)
    • Lapangan bulu tangkis
    • Lapangan bola voli
    • Lapangan bola basket
  • Outdoor
    • Lapangan hoki
    • Lapangan tenis (4 line)
    • Lapangan basket (3 line)
    • Lapangan voli (3 line)
    • Lapangan bulu tangkis (1 line)
  1. Bus Kampus

Udah tau kan luas kampus UI itu seberapa? Kalau kalian jalan kaki mengelilingi UI bisa gempor kaki kalian ntar, hehe…Makanya UI menyediakan bus kampus yang dipakai ditumpangi secara gratis oleh siapa pun yang ingin bepergian di lokasi UI. Warna bus itu identik dengan warna khas UI yaitu kuning atau di kalangan mahasiswa sering menyebut dengan bikun (bis kuning). Hingga tahun 2005, UI telah memiliki 20 unit bus kampus. Bus tersebut secara rutin akan melayani 2 rute yang ada di dalam kampus pada hari Senin-Jumat, mulai pukul 07.00-22.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu hanya sampai pukul 15.00 WIB dan libur pada hari minggu. Kedua rute tersebut dibedakan dengan ada penanda warna biru dan merah pada bus. Jadi, jangan sampai salah naik bus yaa, nanti kalian gak sampai di lokasi tujuan yang diinginkan, hehe..

  1. Sepeda Kampus

Selain bus gratis, di UI juga terdapat penyewaan sepeda secara gratis bagi mahasiswa, dosen, atau karyawan dengan menunjukkan kartu identitas UI yang masih berlaku pada petugas. Seperti warna bus, sepeda kampus juga memiliki warna yang sama, yaitu kuning. Hingga Januari 2010 sudah terdapat 400 sepeda dan 17 shelter. Jam operasional peminjaman sepeda kampus setiap hari Senin-Jum’at dari pukul 07.30 WIB s/d pukul 17.00 WIB. Jika kalian ingin kuliah sambil berolahraga, memakai fasilitas ini tentunya sangat tepat, namun hanya terbatas pada lokasi kampus UI saja yaaa….

  1. Poliklinik

Fasilitas poliklinik UI ini ditujukan bagi seluruh civitas akademik, yaitu mahasiswa, karyawan, dan dosen. Ada lima poliklinik dengan jadwal layanan setiap hari, kecuali Minggu, yaitu Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi, Poliklinik Jantung, Poliklinik Ortodonti, dan Poliklinik Radiologi (Rontgen Dada, Dental, Extremitas, Sinus). Tujuan dari pengadaan fasilitas ini tentunya untuk mepengobatan, pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru, poliklinik, apotek, dan juga bimbingan konseling mahasiswa.

  1. Balairung

Balairung merupakan sebuah gedung yang menjadi tempat calon mahasiswa UI berkumpul memulai ospek dan juga untuk wisuda. Selain itu, juga digunakan untuk event-event lain dari instansi lain yang ingin menggunakannya, seperti jobfair, seminar, dll.

  1. Masjid

Karena UI memiliki dua lokasi kampus yang berbeda, maka juga memiliki dua masjid besar yang berbeda, yaitu Masjid ARH Salemba dan Masjid UI Depok yang terletak di tengah lingkungan yang hijau, asri, dengan disuguhi pemandangan danau UI.

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini