Teknik Fisika (TF) dikenal sebagai program studi yang mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan aspek fisika dan teknologi. Dengan begitu, keilmuan yang diberikan di sini akan membuat teman-teman memiliki kemampuan untuk memandang persoalan teknik dengan pandangan yang luas dilihat dari berbagai aspek kefisikaannya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika dilihat banyak pelajaran di Teknik Fisika yang sebenarnya mirip atau sama dengan program studi lain seperti program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Material.

Dalam dunia industri seorang lulusan TF mempunyai kemampuan menjadi ”jembatan” bidang-bidang teknik yang lain. Dasar-dasar keilmuan TF yang lebih luas membuat teman-teman akan bisa menganalisa masalah yang melibatkan beberapa bidang teknik. Hal inilah yang merupakan salah satu keunggulan lulusan TF, jika nantinya teman-teman setelah kuliah memilih untuk berkecimpung dalam bidang industri yang kompleks.

Namun, bukan berarti seorang lulusan TF tidak memiliki keahlian spesifik. Bila orang berbicara tentang instrumentasi dan kontrol, maka lulusan TF lah yang pertama kali disebut. Bila orang membahas bidang akustik maka yang akan menjadi sorotan adalah lulusan TF. Tata cahaya atau lighting juga dikuasai oleh lulusan TF. Begitu pula dengan teknologi pendinginan ruangan (air conditioning) lulusan TF adalah iconnya.

Hanya terdapat 3 PTN di Indonesia yang membuka jurusan Teknik Fisika, yaitu:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gajah Mada
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Dari uraian di atas, ada banyak sekali konsentrasi dari Teknik Fisika antara lain :

  1. Instrumentasi dan Kontrol

Apabila teman-teman tertarik untuk mempelajari permasalahan sistem instrumentasi dan kontrol di bidang industri proses seperti industri perminyakan dan gas serta industri pupuk, maka hal ini dapat dipelajari dengan lebih mendetail di tingkat akhir. Dan masih banyak bidang-bidang menarik lainnya yang bisa dipelajari di tingkat akhir, seperti optik dan laser, material dan komputasi material, ultrasonik, medik, pencitraan, dan teknologi sel surya.

Jadi di bidang instrumentasi dan kontrol sendiri kalian akan dituntut untuk memahami dasar-dasar elektronika,logika,dan sistem kerja dari suatu mesin (khususnya mesin Industri) karena tugas dari si Insinyur Instrument ini adalah memastikan agar semua instrumen industri dapat berjalan lancar khususnya adalah mesin-mesin dan robot industri. Jadi secara garis besar tugas kita adalah mengontrol alat-alat industri dari memilih perangkat yang sesuai (PLC,DCS,dll) lalu mempelajari SCADA System,bahkan sampai memilih material bahan yang akan digunakan sebagai mesin/alat/instrumennya.

  1. Manajemen dan Rekayasa Energi

Rekayasa Termal disini kamu biasanya dituntut untuk merekayasa dari segi termal dari suatu lingkungan. Contoh kasus di mall, dalam hal pemasangan pendingin ruangan, disini kalian diberi tantangan dengan alat tertentu supaya terjadi Heat Exchange dari lingkungan luar ke lingkungan dalam mall tersebut. Seseorang yang ahli dalam rekayasa termal biasanya bergelar HVAC Engineer (Heating,Ventilation,Air Conditioning). Namun di ITB, konsentrasi ini dipisah menjadi 2, yaitu  Menejemen Energi dan Rekayasa Termal.

  1. Akustik dan Lighting

Apabila teman-teman menyukai musik dan tertarik untuk membuat tempat konser musik yang mempunyai sistem akustik yang baik (kenyamanan akustik), maka hal ini bisa dipelajari dengan lebih mendetail pada tingkat akhir.

Selain kenyamanan akustik, apabila teman-teman tertarik untuk mempelajari kenyamanan yang lain dari suatu bangunan maka hal tersebut dapat dipelajari dengan memperhatikan sisi tata udara ruangan (kenyamanan termal) serta pencahayaan atau lighting (kenyamanan visual) dari bangunan tersebut.

  1. Fotonika

Menurut Wikipedia, Fotonika merupakan ilmu yang memepelajari maslaah optik dan rekayasa optik terutama yang berkaitan dengan foton dan spektrum elektromagnetik.Dalam pembelajarannya kita akan banyak dihadapkan pada berbagai macam persoalan mengenai optik (khususnya fenomena cahaya sebagai gelombang) dan mengenai laser.

Prospek Kerja

Prospek bidang kerja bagi para lulusan atau sarjana Teknik Fisika antara lain sebagai insinyur profesional dalam bidang instrumentasi, bidang tata udara, tata cahaya dan suara, bidang rekayasa sistem dan teknologi informasi dan sebagainya di industri proses, konsultan / kontraktor, perusahaan-perusahaan rekayasa (engineering companies), di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu juga lulusan Teknik Fisika dapat bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, peneliti dan birokrat pada lembaga-lembaga pemerintah. Beberapa perusahaan yang dapat disebutkan antara lain:

  • Perusahaan vendor seperti Honeywell dan Yokogawa.
  • Perusahaan industri proses, seperti : MEDCO, TOTAL oil and gas, BADAK, Industri pupuk ( PT. PUSRI, PT. Pupuk Kujang, PT. Pupuk Kaltim), PT Pertamina, Indonesia Power, Krakatau Steel
  • Perusahaan Kerekayasaan, seperti : PT Rekayasa Industri, Tripatra, INKA
  • Perusahaan-perusahaan lainnya, seperti : Astra, Telkom, PLN.
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia.

Saya mau tahu mengenai Mitra Pelajar?

Silahkan klik tombol di bawah ini