Perbedaan SNMPTN, SBMPTN serta Ujian Mandiri

  1. Home
  2. Jalur Mandiri
  3. Perbedaan SNMPTN, SBMPTN serta Ujian Mandiri

Hallo Sahabat Pelajar,

Bagi kalian siswa SMA sudah tidak asing kan dengan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri kan? Atau dari sahabat pelajar masih ada yang bingung dengan SNMPTN, SBMPTN serta Ujian Mandiri? Nah, MP mau kasih tau nih perbedaan SNMPTN, SBMPTN serta Ujian Mandiri. Secara umum, ini adalah ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

  1. SNMPTN

Adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa di sebut jalur undangan. Nah, SNMPTN ini jalur tanpa ujian tertulis dengan kata lain, PTN akan mengundang kamu untuk masuk universitasnya. Jalur undangan ini hanya berlaku untuk lulusan di tahun tersebut, jika kamu lulusan 2021 maka yang bisa mengikuti adalah lulusan atau SNMPTN 2017. Nah, SNMPTN ini kamu harus daftar dahulu ya, kemudian pihak panitia akan menyeleksi nilai rapor, prestasi akademis, dan akreditasi sekolah kamuya. Banyak hal yang dipertimbangkan dalam pelaksanaan SNMPTN setiap tahunnya. Nah, untuk tahun 2021 ini belum ada pengumuman pastinya. Namun, kamu harus mempersiapkan berbagai rencana di masa depan kamu ya.

  1. SBMPTN

Adalah singkatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Pada tahun 2019 dan 2020, peserta yan mau mengikuti SBMPTN harus mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu, kemudian nilainya digunakan untuk mengikuti seleksi SBMPTN. Pada tahun 2019, SBMPTN ada dua hal yang diujikan. Pertama, ujian tes kemampuan dan potensi akademik, meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, matematika dasar serta kemampuan verbal, numerik dan figural. Kemudian yang kedua tes kemampuan akademik sains dan teknologi meliputi Matematika, Biologi, Kimia dan fisika yang dikhususkan untuk peserta yang memilih jurusan IPA. Tes kemammpuan dasar social dan humaniora meliputi sosiologi sejarah, geografi dan ekonomi yang di ikuti oleh peserta ujian hurusan IPS.

Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa SMA yang sudah lulus dua tahun setelahnya. Misalnya, saat ini kamu lulus SMA tahun 2020. Artinya kamu masih boleh mengikuti seleksi ini di tahun 2021 dan 2022. Seleksi ini termasuk ujian yang diikuti oleh lebih banyak peserta dibandingkan SNMPTN ya. Jadi kamu harus benar – benar persiapkan diri kamu.

  1. Jalur Ujian Mandiri

Nah yang terakhir adalah jalur mandiri, saat ini banyak PTN yang mengadakan penerimaan calon mahasiswa sendiri di luar yang diselenggarakan pemerintah, antara lain Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) atau Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (Utul UGM) Untuk materi dan tata cara ujian mandiri berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan masing-masing. Namun, ujian biasanya tertulis dan materi tidak jauh beda dengan SBMPTN. Informasi tambahan, siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020 maka akan ditolak untuk mendaftar SBMPTN 2020. Untuk itulah, alur pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui portal LTMPT. Nah, sahabat pelajar, di chanel youtube mitra pelajar Indonesia ada loh pembahasan mengenai ujian mandiri Simak UI dan Utul UGM silahkan klik linknya ya sahabat.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Mudah – mudah bisa membantu dalam memahami SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN ya. Jangan lupa share informasi ini serta follow Ig @mitrapelajar dan subscribe chanel Mitra Pelajar Indonesia ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua

 

Sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/13/17181981/perhatikan-ini-beda-snmptn-utbk-sbmptn-dan-seleksi-mandiri?page=all
https://rencanamu.id/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/perbedaan-snmptn-sbmptn-dan-seleksi-mandiri-serta-peluang-diterima-di-perguruan-tinggi-negeri

 

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini