Alasan Mengapa Jurusan IPA di SMA Lebih Diminati

  1. Home
  2. News
  3. Alasan Mengapa Jurusan IPA di SMA Lebih Diminati

Hallo Sahabat Pelajar,

Setelah lulus Sekolah Menengah Pertama, tentu selanjutnya ingin melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Atas ya sahabat, namun kalian akan di hadapkan dengan pilihan jurusan pada saat itu. Antara lain IPA, IPS, atau Bahasa.

beberapa tahun belakangan, penjurusan dilakukan di kelas 11 bahkan di kelas 12. Jadi siswa bisa mengekplorasi minat dan kemampuan, sebelum menjatuhkan pilihan jurusan sekolah. Nah berbeda dengan tahun sekarang, sejak kelas 10 kta sudah di bagi dalam kelas IPA, IPS dan Bahasa. Peminatan ini akan berlangsung selama 3 tahun. Bahkan beberapa sekolah ada yang melakukan asesmen minat dan bakat serta interview kepada calon siswa.

Nah ada beberapa hal yang sahabat harus pertimbangkan juga ya.

  1. Jurusan IPA, lebih besar kesempatannya masuk PTN

Pada SNMPTN, Siswa IPA mendapatkan peluang lebih besar disbanding IPS dan Bahasa. DI Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung misalnya, siswa IPA boleh memilih program soshum atau saintek pada SNMPTN. Sebaliknya, anak IPS tidak bisa mengambil prodi saintek sama sekali untuk SNMPTN ITB dan UGM.

Gimana dengan SBMPTN? Pada dasarnya peluang lintas jurusan lebih ada, sebab peserta SBMPTN leluasa mengambil ujian Ilmu Pengetahuan Campuran jika ingin memilih prodi saintek dan soshum.

  1. Kesempatan masuk perguruan tinggi swasta lebih besar

Nah sahabat pelajar, persayaratan masuk PTS justru sangat menguntungkan bagi jurusan IPA, pada umumnya, pelajar dari jursan IPA boleh memilih semua prodi, sebaliknya untuk jurusan IPS dan Bahasa lebih sedikit. Contohnya di Universitas Bina Nusantara, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer hanya bisa dimasuki oleh pelajar IPA satau SMK dengan penjurusan yang sejalan.

  1. Dalam menjalani kuliah, anak IPA yang mengambil prodi IPS bisa survive

Kebanyakan anak IPA yang lintas jurusan kuliah lancer menjalani perkuliahannya. Karena ada beberapa pelajran Matematika IPA di SMA sama dengan Matematika Ekonomi.

  1. Pendidikan STEM (Science, Teknologi, Engineering, Math) sangat penting, dan pekerjaan bidang STEM memiliki prospek cerah dan STEM ada di jurusan IPA.

STEM alias bidang ilmu sains, teknologi,engineering dan matematika sangat berpengaruh bagi perkembangan peradaban saat ini. Di dunia kerja, para pekerja diharapkan memiliki pengetahuan dan skill STEM. Sementara itu, lulusan yang kuliah di bidang STEM lebih banyak dicari perusahaan serta gaji mereka pun relative lebih besar.

Nah, sahabat pelajar,mencermati ulasan di atas, jurusan IPA di SMA memng dipersiapkan untuk kuliah di prodi manapun. Sementara untuk jurusan IPS dan Bahasa hanya di persiapkan untuk kuliah di prodi tertentu saja ya sahabat.

Nah sahabat pelajar, jadi apa jurusan SMA pilihan kamu?

Ok sahabat pelajar,

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai alasang mengapa IPA lebih diminati. Mudah – mudah bisa membantu dalam memahami. Jangan lupa share informasi ini serta follow Ig @mitrapelajar dan subscribe chanel Mitra Pelajar Indonesia ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua.

Sumber :
https://rencanamu.id/post/sudut-pandang/4-alasan-mengapa-sebaiknya-memilih-jurusan-ipa-pada-ppdb-sma-dan-bukan-ips-atau--bahasa
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini