SIMAK UI vs UTUL UGM

  1. Home
  2. SBMPTN
  3. SIMAK UI vs UTUL UGM

Hai sahabat mitra pelajar di manapun kalian berada pasti udah nggak asing lagi kan sama nama yang diatas itu ?

Yup! Dua ujian mandiri yang paling diincar seluruh anak SMA yang baru lulus karena boleh dibilang ini adalah jalur terakhir untuk masuk ke UI dan UGM setelah SNMPTN & SBMPTN.

NAHH!! Ini yang selalu menjadi dilema “Ikut UTUL apa SIMAK ya ???” karena ini sebuah dilema yang rumit saya mau ngasih info ke kalian tentang UTUL dan SIMAK, so kalian nggak perlu dilanda dilema berkepanjangan nanti. Berikut adalah infonya:

1.Biaya Pendaftaraan

Untuk SIMAK UI itu biaya pendaftaranya adalah 300K disini kita bisa memilih 2 jurusan yang kita inginkan , Oh iya ada batas maksimalnya lhoo , batas maksimalnya adalah 7 jurusan dan setiap tambah satu jurusan dikenakan biaya 50k jadi kalau kita milih 5 jurusan kita harus bayar 450K.

Untuk UTUL UGM biaya nya sama juga kayak SIMAK yaitu 300k tapi jika kita mendapatkan tempat ujian di luar Yogyakarta maka kita harus membayar tambahan sebesar 150K dan di UTUL kita hanya bisa memilih maksimal 3 jurusan.

2. Lokasi Ujian

Untuk SIMAK diselenggarakan di JABODETABEK, Bandung, Yogyakarya, Padang, Medan, Palembang, dan Makassar

Sedangkan untuk UTUL diselenggarakan di 4 kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Pekanbaru, dan Balikpapan.

3.Tingkat Kesulitan Soal

Menurut pendapat alumni yang telah mengikuti UTUL dan SIMAK, mereka sepakat bahwa kedua ujian ini memang sangat sulit, tetapi jika dibandingkan maka soal SIMAK jauh lebih sulit ketimbang soal UTUL (Boleh ditanyakan ke alumninya yang ikut UTUL sama SIMAK ya)

4. Jumlah pendaftar

Untuk jumlah pendaftar, umumnya SIMAK lebih banyak peminat dibandingkan UTUL. Salah satu faktornya adalah peserta bisa memilih banyak jurusan di ujian SIMAK sedangkan UGM hanya bisa 3 jurusan. Akan tetapi, jika dilihat dari segi biaya maka UTUL bisa dibilang cukup mahal karena jika tesnya di luar jogja maka kamu harus membayar biaya tambahan 150K , bisa bayangin nggak kalau ada pendaftar SIMAK pilih sampai 7 jurusan? Biayanya bisa …

Berapa itu ……. hitung sendiri ya 😉

PS: Sebagai tambahan info, kebijakan universitas setiap tahunnya terkadang berubah-ubah. Untuk tahun ini, SIMAK UI 2017 ditujukan untuk menjaring mahasiswa kelas paralel bukan kelas reguler, karena fakta ini, akhirnya peminat SIMAK UI 2017 menurun sedangkan peminat UTUL UGM 2017 meningkat pesat. No matter what, kalau pilihan universitasmu jatuh di dua universitas ini, just keep updated yourself! Terus update infonya. Jadi bisa membandingkan and choose which one suits you!

Sekian semoga info ini bisa membantu serangan dilema kalian yang bingung mau ikut UTUL atau SIMAK. Hopefully we can tell you more about the updated news of these two!! 😉

SELAMAT BERJUANG SAHABAT !

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini