Tips membangkitkan semangat Belajar

  1. Home
  2. Tips
  3. Tips membangkitkan semangat Belajar

Tips membangkitkan semangat belajar

Belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup kita. Terlebih lagi bagi seorang siswa sekolah atau mahasiswa, belajar merupakan salah satu kebutuhan pokok mereka. Namun, terkadang kita merasa jenuh dan malas untuk belajar atau hanya sekedar membuka buku. Nah, jika hal itu terjadi pada kalian, maka saatnya lakukan berikut ini untuk membangkitkan semangat belajar lagi.

  1. Relaksasi/Refresing sejenak

Refresing kecil-kecilan dapat kalian lakukan dengan tidur beberapa jam, mendengarkan musik, menonton film, jogging, dll.  Hal tersebut bisa membuatmu jauh lebih tenang, rileks, dan merasa lebih segar.

  1. Tetapkan alasan dan tujuan belajar

Dua hal itu yang mendrong kalian untuk tetap terus memulai dan bangkit belajar lagi. Alasan yang jelas kenapa kalian belajar memang berbeda pada setiap individu. Namun, apapun alasan kalian, yang terpenting bisa membangkitkan mood dan semangat. Selain itu, tujuan yang tepat dan jelas juga sangat diperlukan. Dengan memiliki tujuan, akan membangkitkan motivasi kalian untuk belajar. Apakah tujuan belajar kalian ingin menguasai materi pelajaran lebih dalam, ingin mendapatkan nilai terbaik, mendapatkan juara kelas, ingin juara olimpiade, atau bahkan ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian impikan, dll.

  1. Reward dan Punishment

Memberikan hadiah buat diri-sendiri sebagai perwujudan penghargaan diri atas prestasi yang telah diraih. Hal itu tidak ada salahnya karena bisa memberikan semangat tersendiri dalam belajar. Tetapi, tidak hanya reward saja, kalian juga perlu menerapkan hukuman/punishment, jika kalian gagal dalam mencapai sesuatu yang kalian impikan karena ketidakdisplinan/malas belajar. Asalkan dua hal tersebut bisa kalian terapkan sewajarnya, tidak berlebihan, juga ada kontrol dari orang tua sebagai peran serta yang mendidik kalian di rumah.

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini