Prospek Kerja Manajemen

  1. Home
  2. Jurusan
  3. Prospek Kerja Manajemen

1. Akuntan
Meskipun profesi ini terkesan agak ‘berat’ untuk kamu yang kurang menyukai pelajaran Matematika, Akuntan ibarat tulang punggug perusahaan. Mereka adalah yang paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan yang paling akhir dikeluarkan saat perusahaan jatuh atau gulung tikar. Biasanya, yang memilih profesi Akuntan adalah mahasiswa yang kuliah manajemen dengan peminatan khusus manajemen keuangan. Menyukai Matematika adalah kewajiban bila ingin lancar menjalani profesi ini. Selain itu, bila kamu punya skill bahasa asing, kamu bisa diterima bekerja di perusahaan mana pun di dunia.

2. Konsultan Bisnis
Pekerjaan ini termasuk yang paling sering dipikirkan oleh mereka yang mengambil kuliah Manajemen. Apakah kamu termasuk salah satunya? Banyak yang setelah lulus dari kuliah Manajemen, mereka langsung melamar kerja di perusahaan multinasional atau ke luar negeri sekalian. Meskipun terdengar mewah, gaji seorang Konsultan Bisnis bermacam-macam, tergantung dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Jika selepas lulus kuliah Manajemen kamu langsung diterima bekerja di perusahaan besar, gajimu pasti akan cukup signifikan nominalnya. Namun, bila kamu diterima di perusahaan kecil atau startup, jangan terlalu berharap gaji yang besar. Anggap saja saat ini pengalaman lah yang menjadi investasi kariermu selepas kuliah manajemen.

3. Marketer
Kuliah Manajemen juga secara langsung berhubungan dengan pemasaran atau marketing. Makanya, tidak heran bila selepas lulus kuliah Manajemen, banyak yang langsung mempertimbangkan karier ini. Bagi yang saat kuliah memutuskan untuk berkonsentrasi pada manajemen pemasaran, fokus mereka terletak pada mengatur pemasaran produk, periklanan, target pasar, dan masih banyak lagi.Seorang Marketer andal bertugas meyakinkan banyak orang untuk membeli dan mulai menggunakan produk atau jasa perusahaan yang bersangkutan. Jadi, bila sejak kuliah Manajemen kamu sudah menyadari bakatmu yang senang mempromosikan produk tertentu, profesi ini mungkin paling cocok untuk kamu.

4. Staf Finance
Apa bedanya Staf Finance dengan seorang Akuntan? Keduanya memang sama-sama mengatur keuangan, namun dalam skala yang berbeda. Jika bagian finance berperan sebagai pihak yang berusaha mendapatkan dan menerima uang, maka seorang akuntan adalah pihak yang fokus pada pencatatan dan pengelompokan transaksi yang dilakukan oleh pihak finance.Yang pasti, kedua profesi ini sama-sama berakar dari kuliah Manajemen dengan pemusatan minat pada manajemen keuangan. Jika kamu termasuk orang yang berambisi besar dan tahu cara mengatur strategi keuangan, profesi ini bisa jadi pilihan kamu.

5. Recruiter
Kata siapa kuliah Manajemen hanya terpaku pada manajemen keuangan? Untuk yang berminat dengan manajemen SDM (sumber daya manusia), menjadi seorang Recruiter perusahaan adalah profesi yang layak dipertimbangkan. Untuk profesi seorang Recruiter, kamu juga harus bersaing ketat dengan sarjana psikologi. Namun jangan khawatir, karena untuk lulus dari kuliah manajemen dengan pemusatan minat pada manajemen SDM, kamu juga bisa langsung belajar sedikit tentang ilmu psikologi.

6. Bagian Operasional
Ya, kamu yang kuliah manajemen pasti juga familiar mendengar kata ‘manajemen operasional’. Mereka yang berkonsentrasi pada manajemen operasional biasanya punya minat lebih dengan proses produksi suatu barang, jasa, hingga sistem. Yang pasti, fokus mereka adalah memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal. Jika ingin fokus berkarier di bidang ini, kamu yang lulus dari kuliah Manajemen harus berusaha memastikan agar segala faktor produksi yang ada tidak akan terbuang dengan percuma

7. Konsultan Perbankan
Berbeda dengan bisnis yang berkaitan dengan bisnis secara umum, konsultan perbankan hanya berkaitan langsung dengan serba-serbi perbankan. Jadi bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, segeralah fokus pada manajemen perbankan saat masih kuliah Manajemen. Meskipun kini sudah banyak fintech (financial technology) yang hadir sebagai produk perbankan alternatif, kehadiran bank masih sangat dibutuhkan. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan profesi ini sebelum lulus dari kuliah Manajemen.

8. Entrepreneur
Sebenarnya, untuk menjadi seorang Entrepreneur, kamu bisa kuliah apa pun selain manajemen. Namun, seorang Entrepreneur tidak hanya membangun sebuah perusahaan atau membuka bisnis baru, namun juga harus mengetahui cara melakukan manajemen pada perusahaannya. Jika tidak, jangan heran bila bisnisnya tidak berumur panjang. Makanya, semua mahasiswa yang kuliah Manajemen juga dilatih untuk memiliki jiwa entrepreneurialship yang tinggi. Jadi bila ada halangan dalam berbisnis atau masalah sejenis, mereka tidak akan cepat patah semangat. Mereka akan lebih memilih melakukan manajemen risiko dari awal dan mengatasi situasi darurat dalam perusahaan tanpa mudah panik. Kalau kamu termasuk yang tidak betah berlama-lama menjadi seorang karyawan, profesi ini boleh dilirik, namun harus benar-benar siap lahir dan batin.

sumber: www.glints.com

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini