10 Jurusan Cocok Anak IPA

  1. Home
  2. Jurusan
  3. 10 Jurusan Cocok Anak IPA
1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Kamu yang jago hitung menghitung dan memutar logikamu bisa mencoba masuk jurusan ini. Setelah lulus nanti, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lumayan besar gajinya (jangan lupa dibarengi ketekunan dan kerja keras).

Prospek Kerja: Staff atau Tim Lapangan Pertambangan dan Perminyakan

2. Teknik Sipil

Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget.

Prospek kerja: Kontraktor

3. Teknik Elektro

Pertimbangkan jurusan ini baik-baik. Dijamin, bidang telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang.

Prospek Kerja: Operator dan Vendor

4. Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika

Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk PLTU di beberapa tahun mendatang dengan kapasitas 10.000 MW. Ini tentunya perlu melibatkan lulusan-lulusan dari teknik mesin, industri dan fisika dong..?

Prospek Kerja: Teknisi dan Karyawan Industri

5. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Banyak perusahaan yang butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, apalagi melihat perkembangan teknologi yang seakan belum lelah berlari.

Prospek Kerja: IT, Maintenance, Web Designer

6. Teknik Nuklir

Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, contohnya adalah UGM. Kamu yang punya minat di dunia kenukliran bisa coba pilih yang satu ini. Tenagamu pasti dibutuhkan oleh beberapa negara, terutama untuk negara maju yang teknologinya sudah jauh dibandingkan Indonesia. Habis studi lanjut, kamu bisa bantu memajukan Indonesia juga deh!

7. Pendidikan Dokter

Peminatnya memang banyak, apalagi ketika kamu bertanya sama anak-anak kecil usia lima tahun. Sekolah dokter memang memakan waktu yang lama dan banyak pengorbanan. Tapi sudah jelas kalau permintaan akan profesi ini akan terus meningkat. Setelah lulus kuliah kedokteran, kamu bisa memilih untuk mengambil spesialisasi juga. Btw, dokter untuk urusan kecantikan banyak permintaan lho, mengingat perawatan serta operasi untuk tujuan kecantikan sekarang sedang tren.

Prospek Kerja: Dokter, Ahli Gizi, Konsultan Kesehatan

8. Desain Komunikasi Visual, Desain Interior dan Arsitek

Buat kamu anak IPA yang notabene selalu dekat dengan sains dan logika, bukan berarti otak kananmu nggak menonjol. Banyak kok anak IPA pecinta seni juga. Jadi kamu yang mengambil jurusan IPA juga bisa mencoba untuk masuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior maupun Arsitek. Ketiga jurusan itu juga nggak terlepas dari hitung-hitungan lho! Bahkan saat kuliah pun kamu sudah bisa memulai bisnismu, ya freelance dulu lah.

Prospek Kerja: Desainer Grafis, Desainer Interior, Arsitek

9. Agribisnis atau Pertanian

Jurusan ini mulai banyak dilirik oleh lulusan SMA IPA karena prospeknya ke depan juga bagus. Yang terkenal sudah pasti adalah di IPB. Dengarlah, nak, Indonesia memanggilmu dan butuh tenagamu.

Prospek Kerja: Ahli Pertanian, Konsultan Pertanian

10. Jurusan Farmasi

Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia kesehatan. Lulusan farmasi bisa bekerja di rumah sakit atau laboratorium kesehatan.

Prospek Kerja: Suster, Ahli Farmasi, Staff Kesehatan, dan Perawat

Sumber: www.idntimes.com

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini