Hallo sahabat Pelajar,

Buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mungkin sekarang kamu lagi deg-degan, ya. Sebenarnya, kamu enggak perlu khawatir, yang harus kamu lakukan adalah fokus dan cari tahu informasi mengenai cara masuk PTN. 

Selain masuk lewat SNMPTN dan SBMPTN, ada cara lain masuk PTN lho. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti yang Namanya Ujian Mandiri. Nah, di artikel ini akan mengulas seputar Ujian Mandiri, bagaimana cara daftarnya, persyaratannya, dan kapan jadwalnya. Kuy, kita simak!

https://unsplash.com/photos/JApU-XqN0-8 (@satriaperkasa)

Seleksi Mandiri PTN

Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri S1 PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UTUL (UGM)
  2. Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM), Unnes (Jalur Prestasi)
  3. Seleksi Melalui Nilai UTBK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai UTBK siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil UTBK calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut UTBK sebelumnya.

Daftar PTN yang Menyelenggarakan Ujian Mandiri 2020

Untuk pembahasan lebih jauh soal bagaimana cara daftar, persyaratan dan jadwalnya, ini dia daftar daftar PTN yang menyelenggarakan ujian mandiri 2020:

Berikut jadwal Ujian Mandiri tahun akademik 2020/2021:

1. Seleksi Masuk UI – SIMAK UI

Untuk ujian mandiri UI, disebut juga dengan SIMAK UI atau Seleksi Masuk UI. Materi ujiannya ialah Kemampuan Dasar (KD), Kemampuan IPA (KA), dan Kemampuan IPS (KS). Bagi kamu yang memilih program studi rumpun Saintek, kamu diwajibkan mengikuti ujian KD dan KA, sedangkan untuk program studi Soshum, kamu akan menghadapi KD dan KS.

Dan, bagi kamu ingin mencoba mengambil program studi Saintek dan Soshum dalam pilihanmu maka kamu bisa mengikuti pilihan ujian IPC yang soalnya mencakup KD, KA, dan KS.

Ada beberapa kategori penerimaan SIMAK UI, antara lain S1 untuk Reguler, Vokasi D3 dan S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dengan jadwal ujian tanggal 26 Juli 2020.

Untuk mendaftarkan diri, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Akses laman http://penerimaan.ui.ac.id/ dan buat akun pendaftaran. 
  • Unggah foto berwarna ukuran 4×6 dan isi formulir pendaftaran. Jangan lupa untuk mengunggah berkas-berkas prasyaratnya, di antaranya salinan atau scan ijazah yang sudah dilegalisir dan transkrip nilai rapor yang sudah dilegalisir. 
  • Bayar biaya pendaftaran yang akan kamu ketahui pada laman pendaftaran.
  • Cetak kartu ujian dan persiapkan diri untuk ikuti ujian. Saat ujian, usahakan kartu ujianmu jangan sampai rusak, ya.

2. Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada – Utul UGM

Daftar PTN yang menyelenggarakan ujian mandiri 2020 selanjutnya ialah UGM. UM ini disebut juga Ujian Tulis UGM atau UTUL UGM. Seperti namanya, ketika mengikuti UTUL, kamu harus mengerjakan serangkaian ujian tertulis. Ada tiga jenis kelompok UTUL yang akan kamu hadapi, yakni ujian tertulis kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Untuk mengikutinya, tentu kamu harus sudah lulus sekolah tingkat SMA sederajat, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Lalu, kamu diharapkan memiliki kesehatan yang memadai agar dapat mengikuti rangkaian UTUL.

Kamu pun harus sudah memiliki ijazah SMA untuk lulusan 2019 dan 2018. Bagi kamu yang lulus tahun 2020, kamu harus melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah yang sekurang-kurangnya memiliki informasi jati diri dan foto terbarumu disertai cap sekolah yang sah.

Untuk prosedurnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Daftarkan diri di https://um.ugm.ac.id/admisi/index.php/akun/auth/login.
  • Pilih tiga program studi (prodi) pada program sarjana dan/atau program diploma. 
  • Isi biodata dan unggah segala dokumen persyaratannya. 
  • Bayar biaya pendaftaran. 
  • Setelah berhasil mendaftar dan melakukan pembayaran, kamu harus mencetak bukti pendaftaran online dan mencetak kartu peserta ujian. 
  • Jadwal ujiannya akan berlangsung pada bulan 26 Juli 2020.

3. Program Kemitraan dan Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember – PKM ITS

Nah, daftar PTN yang menyelenggarakan ujian mandiri 2020 selanjutnya ialah ITS atau Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ujian mandirinya dikenal dengan Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Tujuan diadakannya PKM tersebut ialah untuk menjaring calon mahasiswa berkualitas dan meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan kuliah di ITS.

PKM ITS terbagi jadi dua kelompok, yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri. Program Kemitraan diperuntukkan untuk siswa SMA sederajat yang merupakan utusan dari instansi mitra, seperti perusahaan, pemerintah daerah, dan lain sebagainya. Sedangkan, Program Mandiri merupakan program penerimaan yang diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat dari kalangan masyarakat umum.

Mekanisme seleksi masuk jalur PKM tidak menggunakan tes. Mekanismenya berdasarkan nilai/skor yang diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun sebelumnya Kelompok Ujian Saintek atau Campuran, dan Soshum (khusus untuk Program Studi Manajemen Bisnis). Untuk detail informasinya, kamu bisa cek di laman resmi penerimaan ITS https://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm

Syarat utama mengikuti PKM ITS adalah sudah mengikuti SBMPTN tahun 2018, baik pada kelompok Saintek, Soshum, ataupun Campuran. Sedangkan, untuk syarat khususnya, kamu diwajibkan memiliki standar kompetensi tertentu.

Untuk pendaftaran, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Daftar di  https://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm
  • Buat akun, Kode Akses Pendaftaran (KAP), Pin Pendaftaran, dan Kode Pembayaran. Ketiganya itu wajib kamu ingat sebab berhubungan dengan keberlanjutan pendaftaran kepada fase PKM ITS selanjutnya. 
  • Sebelum daftar, lebih baik cari informasi sedetail mungkin lewat laman resmi ITS, ya.

4. Ujian Mandiri Universitas Diponegoro – UM UNDIP

Kalau kamu ingin masuk Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang melalui jalur UM, maka kamu harus bersiap. Sebab, UM UNDIP akan diadakan pada 21 April – 20 Juli 2020.

Persyaratannya yakni:

  • Siswa lulusan SMA sederajat tahun 2018, 2019, dan 2020, atau ujian penyetaraan (Paket C).
  • Untuk beberapa program studi, kamu diwajibkan memiliki kesehatan fisik dan tidak buta warna.
  • Syarat lain yang harus disiapkan ialah fotokopi ijazah atau SK, kartu identitas, dan kartu ujian. 
  • Lebih detail tata caranya, kamu bisa klik https://um.undip.ac.id/. Nantinya, kamu akan menghadapi dua macam kelompok soal, yakni Saintek dan Soshum. Pilihan kelompok soal ditentukan oleh pilihan program studi kamu. 

Informasi UM Perguruan Tinggi Negeri lainnya yaa:

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Info Lengkap: UNJ

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Info Lengkap: IPB

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Info Lengkap: ITB

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Info Lengkap: UNPAD

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Info lengkap: UPI

Universitas Siliwangi (UNSIL)

Info Lengkap: Universitas Siliwangi

ISI Surakarta

Info Lengkap: ISI SURAKARTA

UNIVERSITAS NEGERTI SEMARANG

Info Lengkap: Unnes

Universitas Jenderal Soedirman

Info Lengkap: Unsoed

Universitas Sebelas Maret

Info Lengkap: UNS

ISI Yogyakarta

Info Lengkap:ISI JOGJA

Universitas Airlangga (UNAIR)

Info Lengkap: UNAIR

Universitas Jember

Info Lengkap: UNEJ

Universitas Brawijaya (UB)

Info Lengkap: UB

Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Info Lengkap: UNESA SURABAYA

Universitas Trunojoyo Madura

Info Lengkap: UTM

Universitas Negeri Malang

Info lengkap: UM

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI Bandung)

Info lengkap: ISBI

Universitas Tidar

Info Lengkap: Universitas Tidar

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Belum ada pengumuman, akan di-update berkala.

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN SURABAYA)

Info Lengkap: UINSA SURABAYA

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang)

Info Lengkap: UIN MALANG

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Jogja)

Info Lengkap: UIN SUKA JOGJA

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Semarang)

Info Lengkap: UIN WALISONGO SEMARANG

UPN Veteran Yogyakarta

Info Lengkap: UPN YK

Info Lengkap: UPN JKT

UPN Veteran Surabaya

Info Lengkap: UPN JATIM

Nah sabahat pelajar, itu tadi informasi yang berkaitan dengan update jadwal ujian mandiri. Tetap semangat belajar ditengah wabah covid-19, serta selalu jaga kesehatan ya sahabat pelajar. Jangan lupa follow instagram @mitrapelajar serta subscribe, like dan komen di chanel youtube Mitra Pelajar Indonesia ya.

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini