Sekolah Kedinasan di Indonesia

  1. Home
  2. News
  3. Sekolah Kedinasan di Indonesia

Hallo sahabat pelajar,

Di Indonesia terdapat banyak sekali perguruan tinggi, ada perguruan tinggi negeri, swasta dan juga kedinasan. Setiap perguruan tersebut memiliki keunggulannya masing – masing.

Nah kali ini Mitra Pelajar, mau membahas mengenai sekolah kedinasan di Indonesia.  Sekolah kedinasan menjadi salah satu alternatif melanjutkan pendidikan yang cukup diminati oleh para pemburu perguruan tinggi. Karir yang terjamin menjadi salah satu alasan sekolah kedinasan menjadi pilihan yang diminati.

Berikut ini sepuluh sekolah kedinasan di Indonesia yang paling banyak diminati.

STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara)

STAN adalah sekolah kedinasan yang mempelajari mengenai akutansi dan keuangan, tentunya ada dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementrian Keuagan RI. STAN merupakan sekolah kedinasan yang didirikan pada tahun 1952. STAN merupakan sekolah favorit bagi lulusan SMA, SMK, dan MA yang ingin melanjutkan sekolah kedinasan di Indonesia, karena di STAN selama Pendidikan tidak akan dipungut biaya apapun.

Yang menariknya adalah, lulusan STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS. Di STAN sendiri menyediakan beberapa program pilihan jurusan DI dan DIII antara lain Akutansi, Pajak, Penilai PBB, Kepabeanan dan Cukai, kebendaharaan Negara dan manajemen Aset.

Namun sayangnya, di kondisi pandemic seperti ini Kemungkinan STAN tidak akan membuka Ujiannya di tahun 2021. Namun, semoga ada perubahan yaa.

Berminat untuk di STAN? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://www.stan.com

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Nah STIS juga tidak kalah dengan STAN, sekolah kedinasan ini mempelajari mengenai matematika, statistika, dunia data dan juga computer. Sekolah kedinasan ini merupakan sekolah yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik. Beberapa pilihan jurusan yang ditawarkan antara lain Statistika dan Komputerisasi Statistik.

Ada dua peminatan yang diberikan dengan program ini, Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan dari Statistika Ekonomi nantinya akan dapat melaksanakan analisis terhadap data statistika yang berkenaan dengan ekonomi sedangkan untuk lulusan Statistika Sosial Kependudukan akan lebih fokus pada statistika yang berhubungan dengan demografi, statistika sosial dan kependudukan.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://spmb.stis.ac.id/

STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara)

Sekolah yang terletak di Sentul Bogor ini berada di bawah naungan BIN ( Badan Intelejen Negara). Sekolah ini mengajari mahasiswa tentang ilmu intelejen, sekolah tinggi ini membutuhkan orang yang siap untuk ditempa fisik dan mentalnya dengan cukup keras. sekolah kedinasan ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya agar menjadi masyarakat intelijen yang memiliki keahlian profesional agar dapat menerapkan ilmu intelijen, teknologi, ilmu pengetahuan bahkan seni di bidang intelijen untuk menjaga bangsa Indonesia.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://stin.ac.id/ 

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Sekolah kedinasan ini adalah sekolah yang nantinya mencetak pilot-pilot handal. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan kementrian perhubungan Indonesia. Dahulu, sekolah ini merupakan API (Akademi Penerbangan Indonesia), namun kemudian diubah menjadi STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) didirikan pada tahun 1952.

Agar dapat masuk ke sekolah ini, kamu harus mampu melewati beberapa tahapan tes antara lain tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi dan tes wawancara. Dengan banyaknya tes yang dilakukan, membuat banyak juga lulusan SMA, MA dan SMK yang gagal untuk masuk ke STPI. Jurusan yang disediakan di sekolah ini antara lain jurusan penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan dan manajemen penerbangan.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://ppicurug.ac.id/

AKMIL (Akademi MIliter)

Sekolah yang berada di Magelang, jawa tengah. Pendidikan di AKMIL ditempuh selama 4 tahun yang mana tahun pertamanya lebih fokus pada pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka. Pendidikan di tahun pertama ini ditempuh bersama dengan taruna lain baik dari AAL, AAU maupun dari AKPOL. AKMIL dinilai menjadi sekolah kedinasan di Indonesia yang terbaik karena banyak lulusannya telah menjadi orang penting di Indonesia, salah satunya adalah Susilo Bambang Yudhoyono. AKMIL menyediakan beberapa jurusan yang dapat dipilih antara lain Manajemen Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Sipil Pertahanan dan Administrasi Pertahanan. Gelar yang akan didapat jika kamu bersekolah di sini adalah S.ST.HAN

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://www.akmil.ac.id/

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN masih menjadi pilihan banyak anak SMA untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Berada di bawah Kementrian Dalam Negeri, kampus IPDN berada tak jauh dari Kota Bandung, yakni di Jatinangor, Jawa Barat. Program studi: Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://spcp.ipdn.ac.id/2020/

STMKG (Sekolah tinggi meteorologi klimatologi dan geofisika)

Tertarik mempelajari soal perubahan iklim dan meteorologi? STMKG bisa pertimbangan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Berada di bawah BMKG, perguruan tinggi kedinasan ini mempersiapkan para lulusan untuk bisa menjalankan tugas badan meteorologi itu sendiri. Program studi: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://stmkg.ac.id/

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dalam bidang transportasi darat. Kampus STTD sendiri berada di Bekasi, Jawa Barat.

Awalnya, kampus ini bernama Akademi Lalu Lintas atau AAL, namun sejak tahun 2000 berubah nama menjadi STTD dan berada di bawah Departemen Perhubungan.

Program Studi STTD antara lain:
~ Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)
~ Diploma III Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ)
~ Diploma III LLASDP
~ Diploma III Perkeretaapian
~ Diploma IV Transportasi Darat

Untuk masuk menjadi taruna/taruni di STTD harus melewati berbagai tahapan seleksi meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Akademik, Psikotes, serta Tes Kesamaptaan dan Wawancara.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://www.ptdisttd.ac.id/

AAL (Akademi Angkatan Laut)

Akademi Angkatan Laut adalah pendidikan TNI angkatan laut yang berada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).

Jurusan/Program Studi di AAL antara lain:
~ D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut
~ D-IV Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat
~ D-IV Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut
~ D-IV Teknik Mesin Kapal Perang
~ D-IV Teknik Elektronika Kapal Perang

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link http://www.aal.ac.id/

AAU (Akademi Angkatan Udara)

Akademi Angkatan Udara adalah pendidikan TNI angkatan udara yang berada di Yogyakarta dan dekat dengan Bandara Adi Sucipto.

Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan di AAU, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).

Jurusan/Program Studi di AAU antara lain:
~ D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan
~ D-IV Teknik Elektronika Pertahanan
~ D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link http://www.aau.ac.id

AKPOL (Akademi Kepolisian)

Akademi Kepolisian adalah suatu lembaga pendidikan tinggi untuk meluluskan dan mencetak para perwira POLRI. Pendidikan AKPOL berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pendidikan di AKPOL dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua) serta akan mendapatkan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

Untuk masuk sebagai taruna AKPOL anda harus menjalani berbagai macam tahapan tes seperti tes akademis, tes fisik, tes psikologi, dan tes kesehatan.

Berminat untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan? Informasi selengkapnya silahkan klik link https://akpol.ac.id/

Nah, mudah-mudahan informasi mengenai sekolah kedinasan yang ada di Indonesia ini bisa membantu kalian ya.

Sumber : 
https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/05/17011941/7-sekolah-kedinasan-ini-tidak-kalah-populer-dari-ptn?page=all
https://news.detik.com/berita/d-5139273/8-sekolah-kedinasan-terbaik-di-indonesia
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini