Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi

  1. Home
  2. Jurusan
  3. Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi

Hallo sahabat pelajar,

Di Indonesia banyak sekali model jenjang Pendidikan tinggi setelah kamu lulus SMA/SMK yakni : Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Nah, pasti sahabat pelajar sudah menentukan untuk perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Tapi bisa jadi sahabat belum tahu mengenai perbedaan antara model – model jenjang Pendidikan di Indonesia.

Sebelum sahabat salah memilih, sahabat pahami dulu nih istilah dan perbedaan dari model – model Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, berikut penjelasannya ya.

Universitas

Universitas terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik atau vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Universitas juga menyelenggarakan Pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya :

Rumpun Ilmu Alam : Ilmu Kimia, Ilmu Biologi, Ilmu Fisika, Ilmu angkasa dan lain sebaginya

Rumpun Ilmu terapan : Pertanian, Arsitektur dan perencanaan, Bisnis dll

Rumpun ilmu formal : Statistika, Komputer, Matematika Rumpun sosial : Ekonomi, Sosiologi, PsikologiKampus dengan model universitas di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Univeristas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Padang, dan masih banyak lagi yang tersebar baik di perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

Institut

Institut juga hampir sama dengan Universitas. Institut juga menyelenggarakan Pendidikan berbasis akademik dengan vokasi. Perbedaanya pada fakultasnya. Kalau di institut, fakultas-fakultasnya berasal dari satu jenis keilmuan saja. Contohnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya mengarah pada rumpun ilmu alam. Sehingga, fakultas-fakultas di ITB hanya berkaitan dengan ilmu alam, contoh:  Fakultas Ilmu Angkasa/Antariksa, Fakultas Ilmu Biologi, Fakultas Ilmu Kimia, Fakultas Ilmu Fisika, Fakultas Ilmu Kebumian dan sebagainya.Kampus dengan model Institut di Indonesia antara lain: Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Kesenian Jakarta (IKJ, dan masih banyak lagi.

Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi juga hampir sama dengan Universitas dan Istitut. Perbedaannya ialah sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas, dan terbagi menjadi beberapa jurusan yang berkaitan dengan fakultas tersebut. Jika kamu pernah melihat Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi.Nah, nantinya sekolah tinggi tersebut hanya menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan dengan Fakultas Komunikasi, seperti Humas (Hubungan Masyarakat), Penyiaran, Periklanan, dan sebagainya. Jadi kamu tidak bisa menemukan jurusan IPA atau Ekonomi, karena seperti namanya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, jurusannya akan meliputi tentang komunikasi. Kampus dengan model sekolah tinggi di Indonesia antara lain: Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), dan masih banyak lagi.

Politeknik

Politeknik ialah perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan berbasis vokasi sehingga politeknik tidak menyelenggarakan pendidikan akademik. Politeknik memiliki visi dan misinya sendiri menyiapkan peserta didiknya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bisa bersaing dengan para lulusan di perguruan tinggi di dunia pekerjaan. Kampus dengan model politeknik di Indonesia, antara lain: Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polmed), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bali, dan masih banyak lagi.

Nah yang terakhir adalah akademi, mirip dengan universitas, institute dan politeknik. Akademi juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu menentukan masa depan kamu ya sahabat.

Akademi

Akademik sama dengan Politektik. Dimana sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan Pendidikan vokasi dalam satu atau Sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni.Nah bedanya adalah, politeknik bisa menyelenggarakan Pendidikan vokasi dari berapa rumpun ilmu, sedangkan akademi hanya bisa menyelenggarakan Pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu saja. Misalnya, di Politeknik Negeri Jakarta ada jurusan dalam rumpun ilmu rekayasa (Teknik elektro, tekni mesin, teknik kimia dan lain lain). Sementara akademi sekretari dan manajemen don bosco hanya berisi jurusan seputar kesekretariatan dan manajemen.

Nah itu tadi perbedaan atau arti dari masing masing perguruan tinggi di Indonesia. Mudah – mudahan sahabat mengerti ya apa yang nantinya akan dipilih setelah lulus SMA/SMK untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah. Yups jangan lupa untuk share informasi ini serta jangan lupa follow ig @mitrapelajar dan chanel youtube kita mitra pelajar Indonesia.

Salam semangat sahabat.

Sumber :
https://rencanamu.id/post/review/apa-sih-beda-antara-universitas-institut-sekolah-tinggi-politeknik-dan-akademi
https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/10/14564111/ini-beda-universitas-institut-sekolah-tinggi-politeknik-dan-akademi?page=all
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini