Prospek Kerja Farmasi di Indonesia

  1. Home
  2. Jurusan
  3. Prospek Kerja Farmasi di Indonesia

Hallo Sahabat Pelajar,

Di artikel kali ini kita mau kasih infonih, mengenai prospek kerja jurusan farmasi di Indonesia.

Oia sahabat pelajar, sudah tau belum farmasi itu apa? Yups

Farmasi adalah program yang mempelajari tentang obat-obatan. Kalian akan belajar mengenai struktur senyawa obat dan cara sintesisnya kemudian mengolahnya sehingga bisa dikonsumsi. Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

https://unsplash.com/photos/CtAc_yDpB78

Nah sahabat Pelajar, kenapasih kalian harus memilih jurusan ini?

Sangat banyak keuntungan untuk lulusan farmasi, Selain dunia kesehatan, industri kosmetik serta industri makanan dan minuman cukup potensial untuk dijajaki oleh lulusan Farmasi. Lembaga layanan kesehatan mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Pengobatan, maupun Laboratorium Klinik membutuhkan seorang Ahli Farmasi yang bertanggung jawab untuk meracik obat hingga menyediakan informasi obat. Lulusan Farmasi dibutuhkan oleh instansi pemerintah seperti BPOM untuk menjamin suatu makanan dan minuman tidak memiliki kandungan yang berbahaya sehingga layak edar.

Nah Mata kuliahnya juga banyak loh seperti

Anatomi Fisiologi Manusia, Farmasi Fisika, Kimia Organik, Botani Farmasi, Farmasetika Dasar, Biokimia, Kimia Sintesis, Kimia Analitik, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida, Biologi Sel dan Molekuler, Farmakologi Dasar dan Toksikologi dan masih banyak lainnya.

Nah Sahabat Pelajar, untuk prospek kerjanya, bidang Farmasi gak ada matinya. Bahkan akan terus berkembang seiring waktu, sebab penyakit pun ikut berkembang dan membutuhkan penanganan yang tepat. Lulusan prodi Farmasi akan memeroleh gelar Sarjana Farmasi (S.Farm), dan dapat meneruskan pendidikan Apoteker untuk mendaatkan gelar Apoteker (Apt). Lulusan Farmasi tidak melulu menjadi Apoteker dan berada di apotek, tapi juga dibutuhkan oleh rumah sakit, laboratorium, dan klinik. Lulusan Farmasi juga dibutuhkan di berbagai lembaga penelitian baik milik swasta maupun pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan lain-lain. Di sektor industri obat, makanan, dan kosmetik, lulusan Farmasi juga dapat berkarir sebagai peracik dan pengembang obat-obatan, konsultan, dan manajemen mutu.

Nah itu tadi pembahasan mengenai prospek kerja di bidang farmasi. Sangat menjanjikan ya. Nah bagi sahabat pelajar yang ingin menganbil jurusan farmasi, siapkan dari sekarang ya untuk belajar lebih giat, teliti, tekun tentunya senang menganalisa serta melakuakn riset dan tentunya senanng memecahkan masalah ya.

Ok sahabat , jangan lupa share informasi ini sert follow Ig @mitrapelajar dan subscribe chanel Mitra Pelajar Indonesia ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua.

Sumber :
https://rencanamu.id/cari-jurusan/kesehatan/farmasi#:~:text=Bidang%20pekerjaan%20yang%20bisa%20dimasuki,instalasi%20farmasi%20di%20rumah%20sakit.
https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-farmasi/
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini