Hallo Sahabat Pelajar,

Nah di tahun milenial ini kalian pasti tidak ketinggalan kan nonton drama korea yang hits serta trending. Selain mengisi disaat WFH (Work From Home) baik kuliah maupun sekolah, banyak sekali drakor (drama korea) yang rekomended untuk di tonton nih.

Nah kali ini kita bahas drakor yang jadi penyemangat untuk belajar. Ada beberapa drakor yang kita bahas nih, mudah-mudahan sahabat pelajar bisa mengambil manfaatnya dari yang kita infokan ya.

  1. Itaewon Class

Drakor ini sangat membuming di tahun 2020, pasalanya alur cerita yang terjadi sangat-sangat bagus. mengisahkan seorang mantan narapidana muda mengandalkan tekadnya yang gila dan keterampilan luar biasa untuk naik ke puncak pimpinan perusahaan dan membalaskan dendam ayahnya – hanya dalam waktu 15 tahun.

Park Saeroyi (Park Seo-joon) adalah seorang siswa pindahan sekolah menengah yang memukul Jang Geun-won (Ahn Bo-hyun) pada hari pertamanya di kelas. Sayangnya, Geun-won kebetulan adalah putra tertua, dan pewaris, dari Jang Dae-hee (Yoo Jae-myung); Dae-hee adalah CEO Jangga, perusahaan makanan nomor satu di Korea Selatan, di mana ayah Saeroyi adalah seorang karyawan kunci. Setelah Saeroyi dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya dipaksa untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang ia bantu, Geun-won secara kebetulan menabrak dan membunuh dalam kecelakaan tabrak lari, dan sampul Dae-hee yang kartunnya tidak bermoral. Sebaliknya, Saeroyi yang berduka dan masuk ke dalam penjara selama dua tahun, atas serangan terhadap Geun-won setelah mengetahui kematian ayahnya. Mengambil otobiografi buatan Dae-hee sebagai panduannya, Saeroyi bersumpah untuk melaksanakan rencananya yang bercabang dua untuk menghukum ayah dan anak Jang, dan membangun perusahaan makanan untuk menyalip Jangga. Langkah pertamanya melibatkan pekerjaan berat selama bertahun-tahun setelah masa tahanannya, dan kemudian menggunakan tabungannya untuk membuka sebuah bar dan restoran bernama DanBam di Itaewon, sebuah lingkungan trendi di Seoul. Itaewon Class menyegarkan dalam caranya bermain dengan harapan pemirsa melalui kehidupan cintanya yang ambigu.

Perhatian Saeroyi berkisar saat naksir dengan teman SMA-nya Oh Soo-ah (Kwon Nara, sebelumnya dari girl grup K-pop Hello Venus), seorang anak yatim yang dulu menghargai ayah Saeroyi , tetapi kemudian bekerja sebagai eksekutif puncak di Jangga karena dia “suka dengan orang kaya”, atau begitulah katanya. Sementara itu, Saeroyi dikejar tanpa henti oleh Jo Yi-seo (Kim Da-mi), seorang sosiopat muda yang cerdas yang berbicara dirinya menjadi manajer DanBam, dan membuktikan bahwa dirinya adalah karyawan yang sangat diperlukan dari sana. Yang memperumit masalah, Yi-seo 10 tahun lebih muda dari Saeroyi, dan dia juga telah lama menjadi cowok baik Jang Geun-soo (Kim Dong-hee), putra kedua dari hubungan tidak sah Jang Dae-hee.

Cerita ini paling menginspirasi ketika upaya Saeroyi yang lambat tapi mantap untuk menghancurkan Jangga, dari merampingkan menu dan dekorasi DanBam sendiri, relokasi tempat ke jalan yang lebih tenang. Hingga menggabungkan dan mem-franchise-kan DanBam sambil mempertahankan pola pikirnya yang berorientasi pada orang, dan menyusup ke dewan direksi Jangga dengan langkah-langkah keuangan dan manajemen.

Bagi pemirsa yang tertarik dengan premis pertunjukan yang tidak konvensional, tonton Itaewon Class yang semuanya ditayangkan pada tahun 2020 ini. Dramanya menarik karena karakternya cukup menarik untuk ditonton. Dengan cara mereka sendiri, trio utama Saeroyi, Soo-ah dan Yi-seo adalah orang-orang yang kejam dan berpikiran tunggal yang berangkat untuk mencapai tujuan mereka dengan metode apa pun yang mungkin. Itaewon Class berfokus pada proses karakternya menemukan diri mereka sendiri, sulit untuk menyangkal bahwa pertunjukan ini menampilkan beberapa tulisan K-drama paling terinspirasi yang baru-baru ini untuk di tonton.

  1. Dream High

Banyak drama Korea mengakat tema kehidupan anak SMA. Namun, Dream High adalah salah satu drama remaja sekolah yang masih patut untuk ditonton sampai sekarang, meskipun bukan tergolong drakor baru.Tayang perdana di KBS pada 2011 lalu, drakor besutan sutradara Lee Eung Bok ini hadir dalam 16 episode. Dream High memang memiliki cerita unik, membawa angin segar dengan aktor-aktor rookie. Berkat drama ini nama Kim Soo Hyun, Bae Suzy, Taecyeon 2PM dan IU dilirik sebagai selebriti berbakat.Seperti diketahui, Bae Suzy yang merupakan anggota girlband Miss A yang memulai debutnya di dunia akting melalui drama Dream High. Suzy berperan sebagai Go Hyemi, seorang gadis populer di SMA Seni dan Pertunjukan Kirin yang bermimpi menjadi penyanyi opera. Kemudian ada Kim Soo Hyun, yang memerankan karakter Song Sam Dong, pemuda polos dari desa yang jatuh cinta pada pandangan pertama ketika bertemu Hyemi. Lalu Taecyeon 2PM berperan sebagai Jin Gook, seorang penari berbakat yang paling bermasalah di SMA. Sementara IU memerankan tokoh Kim Pil Sook, gadis pemalu dengan kelebihan berat badan yang bermimpi menjadi penyanyi terkenal. Nah buat yang penasaran bagaimana jalan cerita Dream High, yuk simak ulasan sinopsisnya berikut ini.

Dream High bercerita tentang enam orang anak SMA Kirin yang memiliki minat tinggi pada musik dan masing-masingnya ingin menjadi penyanyi sukses. Tujuan mereka memang sama, namun jalan mereka untuk bisa mencapai impian sangatlah berbeda. Go Hye Mi (Bae Suzy) adalah gadis sempurna. Tak hanya cantik dan kaya, Hye Mi juga sangat berbakat. Namun, ia punya kepribadian kasar. Suatu hari, bisnis ayahnya bangkrut, dan dia pun menghentikan latihan vokalnya dan mengikuti audisi penyanyi pop di SMA Kirin.  Song Sam Dong (Kim Soo Hyun) adalah pria urakan. Namun, gayanya berubah sejak Hye Mi mengajaknya ke salon untuk mengubah penampilan. Meski tadinya seperti mengacuhkan, Hye Mi tetap tidak bisa menutupi kalau dia kagum dengan ketampanan Sam Dong. Jin Guk (Taecyeon 2PM) merupakan teman masa kecil Hye Mi. Ia menjadi anak yatim piatu setelah ditinggal ibunya. Kendati demikian, Jin Guk tak ingin tinggal bersama kakeknya yang seorang CEO. Kim Pil Suk (IU) punya bakat luar biasa dalam menyanyi. Pil Sook merupakan gadis ceria, cantik, namun sangat perasa. Yup, bisa dibilang jadi perempuan yg tipikalnya gampang jatuh cinta. Selama masa sekolah, mereka belajar mengembangkan bakat masing-masing. Seperti latihan vokal, menulis lagu, dan berakting. Lewat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, mereka saling berjuang untuk bisa memulai karier di dunia musik.

  1. School 2013

Drama Korea School 2013 memang menjadi serial lawas. Meski demikian serial yang tayang di KBS tayang tahun 2012 ini masih menarik untuk disaksikan kembali. School 2013 merupakan drama seri kelima dari stasiun televisi Korea tersebut. Serial pertamanya muncul di tahun 1999.Drama Korea School 2013 mengisahkan tentang murid kelas 2 di SMA Seungri. Siswanya pun terkenal suka bikin onar. Sebut saja geng Oh Jung Ho (Kwang Jung Wook) dan dua pengikutnya. Mereka kerap mengganggu murid yang lain termasuk Go Nam Soon (Lee Jong Suk). Namun tanpa disadari murid yang ditindasnya itu mantan ketua gangster. Belum selesai masalah di kelas itu, hadir murid Park Heung Soo (Kim Woo Bin). Ternyata dia adalah sahabat Go Nam Soon di masa lalu yang sakit hati.

Keduanya bersahabat sejak SD, namun saat SMP Go Nam Soon menghajar habis-habisan Park Heung Soo hingga membuat kakinya patah. Hal itu sudah menjadi tradisi bagi siapa saja yang hendak keluar grup wajid dipukuli. Sayangnya, aksi Go Nam Soon justru merusak impian Park Heung Soo. Impiannya menjadi pesepakbola pun pupus karena mengalami cidera cukup parah. Lantas keduanya pun berpisah setelah kejadian tersebut hingga akhirnya bertemu kembali di SMA Seungri. Meskipun begitu, drama ini tidak cuma menceritakan kehidupan Go Nam Soon dan Park Heung Soo saja. Permasalahan yang biasa dihadapi sekolah di Korea Selatan pun ditampilkan yang pastinya akan menguras emosi penonton.

  1. Sky Castle

Kisah ini di awali dengan Seo Jin yang yang kagum dengan Myung Joo tetangga rumahnya, karena memiliki anak yang berhasil masuk ke sekolah kedokteran. Ia ingin meminta tips kepada Myung Joo bagaimana cara mendidik anaknya yang bernama Yong Jae hingga berhasil. Berkualitasnya lembaga pendidikan yang dimasuki oleh anak, menurut Seo Jin adalah sebuah tolak ukur kesuksesan. Padahal, Seo Jin sendiri sudah dipandang sebagai keluarga yang sukses oleh tetangganya di perumahan ini yakni No Seung Hye, dan Jin Jin Hee. Bahkan karena sangat kagum dengan Seo Jin yang dianggap memiliki segalanya, Jin Hee mengikuti langkahnya untuk menikahi seorang ahli bedah ortopedi yakni Woo Yang Woo.

Pola orang tua yang salah, Memaksakan pendidikan, dan menjadikannya sebagai tolak ukur kebahagiaan ternyata tidak terbukti. Myung Joo yang dianggap sudah bahagia akan keberhasilan anaknya, ternyata justru mati bunuh diri dengan cara mengenaskan. Setelah dicari tahu penyebabnya justru karena ulah anaknya sendiri, yang tidak terima dengan perlakuan orang tuanya atas penolakan hubungannya dengan pembantunya. Ia membuat ibunya frustrasi karena mengaku ke sekolah kedokteran, namun ternyata pergi menyusul kekasihnya di kediamannya.

Kehadiran tetangga baru, Meninggalnya Myung Joo membuat keluarganya meninggalkan rumah itu untuk menghilangkan bayangan tentang kejadian mengenaskan yang pernah terjadi. Namun, tidak lama, rumah yang kosong itu dihuni oleh tetangga baru yang bernama So Im beserta suami dan anaknya. Keluarga So Im jauh berbeda dengan tetangga lainnya di Sky Castle yang selalu berambisi dengan pendidikan anak-anak, sehingga memaksakan kehendaknya. Kehadiran So Im inilah yang selanjutnya perlahan mengungkap berbagai kebahagiaan semu yang terlihat dari penghuni Sky Castle. Awalnya So Im penasaran dengan kisah penghuni lamanya yang terlihat bahagia namun ternyata memiliki masa lalu mengerikan sehingga menyebabkan kematian. Namun ternyata, selain Myung Joo, dua tetangga lainnya juga memiliki kebahagiaan yang semu. Seperti Seo Jin yang dikenal So Im sebagai orang miskin di masa lalunya, sehingga selalu gelisah menyembunyikan masa lalu yang dianggap memalukan itu. Selain Seo Jin, tetangga lainnya yakni No Seung Hye juga sangat tersiksa karena memiliki suami  yang sangat egois bernama profesor Cha Min Hyuk Karakternya aslinya ini tidak sesuai dengan apa yang sering dibicarakannya terhadap publik mengenai kebahagiaan hidup serta keadilan.

Konflik cerita muncul disebabkan karena beberapa pihak berambisi mencapai keinginannya dengan segala cara. Termasuk merugikan orang lain, seperti yang dilakukan oleh Joo Young dan Seo Jin yang merugikan keluarga Soo Im. Akibat ulah Joo Young, suami So Im harus mendekam di penjara karena tuduhan yang tidak dilakukannya. Seo Jin mengetahui itu, namun enggan menjadi saksi untuk mengungkapkan kebenaran. Hal ini disebabkan karena Joo Young mengancam akan mengungkapkan rahasia Seo Jin yang bisa menyebabkan anaknya tidak bisa masuk sekolah kedokteran ternama. Namun, kejahatan selalu menyisakan rasa gelisah bagi yang melakukannya, termasuk Seo Jin. Seo Jin pada akhirnya memilih mengorbankan pendidikan putrinya demi mengungkap kebenaran untuk menyelamatkan keluarga Soo Im. Ambisinya yang tinggi terhadap pendidikan anaknya akhirnya runtuh dengan kesadaran bahwa kebahagiaan tidak semata dilihat dari kesuksesan pendidikan. Secara keseluruhan film ini menyindir kalangan masyarakat yang selalu menjadikan pendidikan tinggi sebagai ambisi para orang tua. Pesan moral yang ingin disampaikan adalah menjadikan kasih sayang dan kebenaran sebagai kebahagiaan yang sejati, bukan ambisi, pendidikan, ataupun kekayaan.

Nah itu tadi drakor yang wajib di tonton sahabat pelajar ya, karna banyak banget pesan moralnya. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat ya buat sahabat semua, jangan lupa share informasi ini serta follow Ig @mitrapelajar dan subscribe chanel Mitra Pelajar Indonesia ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua.

sumber :
Sinopsis Itaewon Class
https://www.liputan6.com/showbiz/read/4362202/sinopsis-dream-high-drakor-lawas-kim-soo-hyun-yang-kini-tayang-di-vidio https://www.msn.com/id-id/hiburan/film/sinopsis-drakor-school-2013-kisah-persahabatan-hingga-konflik-di-sekolah/ar-BB12Sddk https://www.blogpress.id/sky-castle/#:~:text=Sinopsis%20Sky%20Castle%201%20Awal%20Kisah%20Sky%20Castle%3A,kejadian%20mengenaskan%20yang%20pernah%20terjadi.%20More%20items...%20 https://www.topik.id/2020/10/5-drama-korea-yang-bikin-semangat.html?page=3
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini