LTMPT Mulai Rancang Penyelenggaraan SNMPTN 2021

  1. Home
  2. News
  3. LTMPT Mulai Rancang Penyelenggaraan SNMPTN 2021

Hallo Sahabat Pelajar,

Baru – baru ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai merancang Kembali penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk 2021. Nah sebelum itu, MP mau kasih tau nih mengenai SNMPTN. Apa sih SNMPTN itu?

Yups, SNMPTN adalah seleksi nasional masuk PTN menggunakan nilai rapor atau prestasi lain. Siswa yang berprestasi secara akademik dan memiliki nilai rapor yang konsisten memiliki kesempatan untuk masuk perguruan negeri melalui jalur SNMPTN. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 selama masa belajar 3 tahun di SMA/SMK/MA sederajat. Selain itu, prestasi akademik lain akan menjadi nilai plus bagi siswa. Jika diterima di jalur ini, maka kamu udah tinggal daftar ulang untuk menjadi mahasiswa, ga perlu pusing mikirin ujian lagi. Pada SNMPTN, siswa dapat mendaftar paling banyak dua PTN, baik dengan program studi yang sama ataupun berbeda. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Nah Sahabat Pelajar, dukutip dari Medcom.id, Jumat, 6 November 2020. LTMPT menegaskan sudah ada rapat untuk Menyusun SNMPTN ujar Ketua LTMPT Mohammad Nasih. Dihubungi terpisah, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo juga belum mau menerangkan terkait penyelenggaraan SNMPTN 2021. Saat ditanyakan perubahan skema terkait pandemi covid-19, Budi belum bisa menjabarkannya. “Sabar dulu ya,” jawab Budi. Penyelenggaran SNMPTN 2020, juga dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Pada SNMPTN 2020, 96.496 pendaftar diterima dari 489.601 pelamar. Pendaftaran SNMPTN 2020 itu sepenuhnya dilakukan secara daring dan dimulai pada 14 Februari 2020. Pendaftaran dilakukan pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Nah Sahabat Pelajar,

Ini dia urutan Tata cara pendaftara SNMPTN, Apabila kamu termasuk siswa yang terpilih mendaftar SNMPTN dari sekolah, maka kamu bisa mendaftarkan diri secara online di website SNMPTN.

Tata cara pendaftaran SNMPTN secara umum berdasarkan ketentuan tahun lalu:

  1. Login ke laman SNMPTN  untuk melakukan pendaftaran menggunakan NISN dan password yang diberikan pada waktu verifikasi data di PDSS.
  2. Mengisi data diri dan orang tua/wali.
  3. Mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi.
  4. Mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  5. Siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Pedoman portofolio bisa kamu lihat di sini ya >> pedoman portofolio SNMPTN.
  6. Finalisasi dan cetak kartu bukti pendaftaran.

Setelah finalisasi, semua data sudah ga bisa diganti. Baik itu data diri, pilihan PTN dan jurusan, prestasi/piagam atau portofolio. Jadi sebelum finalisasi, pastikan semua datamu sudah benar dan lengkap serta kamu udah mantep dengan pilihan jurusan dan PTNnya. Abis itu tinggal berharap atau berdoa sambil nunggu pengumuman hasilnya.

Nah itu dia tadi seputar LTMPT dan SNMPTN. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat ya buat sahabat semua, jangan lupa share informasi ini serta follow Ig @mitrapelajar dan subscribe chanel Mitra Pelajar Indonesia ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua.

Sumber:
https://pahamify.com/snmptn-2021/
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/lKYwmJjb-ltmpt-mulai-rancang-penyelenggaraan-snmptn-2021
https://halokampus.com/panduan-snmptn/
Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini