Tips Memilih Jurusan SNMPTN 2021

  1. Home
  2. News
  3. Tips Memilih Jurusan SNMPTN 2021

Hallo sahabat Pelajar,

Gimana persiapan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya nih yakni kuliah?

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sudah dibuka loh, tanggal 15 Februari 2021.

LTMPT sebagai penyelenggaraan melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai akademik dan prestasi yang dapat membantu kamu memilih jurusan.

Nyatanya masih banyak calon mahasiswa yang bingung bagaimana cara pilih prodi SNMPTN 2021 agar lolos seleksi. Diantara jurusan yang akan dipilih memang harus memperhatikan nilai rapor.

Nah Kakak mau kasih tips nih strategi memilih jurasan prodi SNMPTN 2021 yang perlu kalian perhatikan ya sahabat pelajar.

  1. Hindari Lintas Jurusan

Pada seleksi SNMPTN, hal yang digunakan untuk dinilai dalam menentukan lolos tidaknya adalah nilai kalian inputkan di PDSS. Pilihlah Prodi yang sesuai dengan latar belakang jurusan kamu saat SMA. Hindari lintas jurusan, misalanya kamu jurusan IPA tetapi mengambil jurusan Kulian IPS. Hal ini bisa menjadi peluang kegagalan sahabat lolos SNMPTN, meskipun ada yang lolos tetapi jumlahnya sangat sedikit.

  1. Passing Grade

Cara pilih prodi SNMPTN 2021 yang kedua adalah melihat standar nilai di jurusan PTN yang akan kamu pilih, dan tingkat popularitas jurusan tersebut untuk dipilih oleh ribuan peserta SNMPTN lainnya. Apakah jurusan tersebut adalah jurusan dengan passing grade tinggi dan banyak diminati oleh peserta lain? Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin memilih jurusan tersebut. Tapi pastikan terlebih dahulu apakah nilai kamu sudah memenuhi kriteria, dan jangan lupa mendiskusikannya dengan guru konseling atau BK di sekolah atau sama kakak pengajar di Mitra Pelajar ya.

  1. Pertimbangkan Jurusan dan PTN yang jarang diminati

Yang ketiga, dalam memilih jurusan SNMPTN, sahabat pelajar harus perhatikan informasi mengenai PTN, jurusan, dan bidang studi yang jarang diminati atau tidak banyak dipilih oleh peserta lain dan mendekati minatmu. Jadikan ini sebagai pertimbangan atau cadangan jika ternyata jurusan idaman terlalu sulit untuk dicapai. Bisa jadi setelah dipikirkan kembali, jurusan yang sepi peminat ini bisa menjadi jurusan yang kamu minati.

  1. Pertimbangkan Jurusan dari nilai rapor tertinggi

Cara pilih prodi SNMPTN 2021 berikutnya, periksalah nilai rapor yang paling tinggi. Misalnya nilai Bahasa Inggris dari awal sekolah sampai UN paling tinggi dan mengalahkan nilai lain.

Setelah cek nilai, kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Memilih jurusan yang sesuai dengan kekuatan dan kemampuan diri sendiri tentunya akan meningkatkan peluang kamu untuk lolos SNMPTN 2021.

  1. Pertimbangkan rekam jejak sekolah dalam SNMPTN

Salah satu kriteria dalam SNMPTN adalah rekam jejak sekolah. Maksudnya, riwayat siswa-siswa yang pernah diterima di PTN dari sekolah tertentu.

Kabarnya, sekolah-sekolah yang secara konsisten mengirim siswanya ke PTN dan siswa tersebut akhirnya berprestasi ketika mahasiswa, akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah yang jarang diterima di PTN tertentu. Itu artinya, jika sekolahmu memiliki sejarah mencetak mahasiswa berprestasi, PTN akan lebih memilih kamu dibandingkan siswa dari sekolah lain.

Ok sahabat, itu tadi tips memilih jurusan SNMPTN 2021. jangan lupa share informasi ini serta follow media sosial mitra pelajar di Instagram @mitrapelajar , subscribe chanel youtube Mitra Pelajar IndonesiaTwitter Mitra Pelajar , serta Tiktok Mitra Pelajar ya. Agar kami bisa lebih semangat dalam memberi informasi ke sahabat pelajar semua

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini