Arti Kemerdekaan Buatmu

Ayo kita nyanyikan!

Tujuh belas Agustus tahun ‘45

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka, nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka, sekali merdeka tetap merdeka,

Selama hayat masih dikandung badan.

Kita tetap setia, tetap sedia mempertahankan Indonesia.

Kita tetap setia, tetap sedia membela Negara kita.

 

Lagu ini sebentar lagi akan menggema di seantero negeri. Hajatan akbar bangsa Indonesia akan segera dimulai. Excited? Banget donk. Bukan cuma artis k-pop idola kamu aja yang ulang tahunnya kamu rayakan, ini justru selebrasi yang jauh lebih penting dan yang harusnya kamu rayakan dengan lebih sukacita. 😉

72 tahun usia Indonesia saat ini. Wajah Indonesia pun sudah banyak berubah. Pembangunan infrastruktur di mana-mana, kemudahan akses informasi dan transportasi juga sudah dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. Tapi, apa benar Indonesia sudah benar-benar merdeka? Untuk pertanyaan yang satu ini tidak perlu banyak diperdebatkan ya. Karena jawabannya walau objektif tapi lebih banyak bernada subjektif alias atas pendapat dan kepentingan pribadi.

Yang penting, kita coba mensyukuri saja apa yang sudah Tuhan limpahkan pada negeri kita tercinta ini. Jangan lupa untuk terus mencintai tanah airmu sendiri. Masih banyak pemuda Indonesia yang jauh lebih bangga dengan negara lain, padahal, di bumi Indonesia ia berpijak dan mengambil manfaat. Sebelum kita menuntut apa yang negara beri untuk kita, mungkin kita sebaiknya bertanya pada diri sendiri, apa yang sudah kita lakukan untuk negara kita. Aseeek. 😉

Bicara tentang kemerdekaan, apa seh arti kemerdekaan sebenarnya? Yang ini seh bisa teoritis dan subjektif banget jawabannya.

Dilansir dari KBBI, kemerdekaan diambil dari kata dasar ‘merdeka’ didefinisikan bebas, sedangkan kemerdekaan diartikan keadaan berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dsb). Nah, hal yang dapat dititikberatkan di sini adalah tidak adanya ketergantungan terhadap apapun dan siapapun juga. Merdeka semerdeka-merdekanya, bebas sebebas-bebasnya. Tidak terbelenggu oleh hal apapun juga.

Menurut penulis, kemerdekaan berarti terbebas dari belenggu jenis apapun, baik belenggu yang datang dari diri sendiri, maupun belenggu yang datang dari orang lain. Ini bisa dimaksudkan kemerdekaan untuk diri sendiri ataupun kemerdekaan Indonesia ya. Belenggu yang paling parah dan agak sulit dicegah seh yang datang dari diri sendiri, kok gtu??!! Iyalah, jadi seringnya kita tidak merdeka bahkan untuk menentukan kebahagiaan kita sendiri. Kita masih sering terbelenggu dengan paradigma “saya akan lebih bahagia jika punya uang banyak”, “saya akan lebih bahagia jika punya banyak teman”, “saya akan lebih bahagia jika saya tidak pernah mengalami kesulitan”, dll. Kalo masih dengan pola pikir seperti ini ya berarti kamu masih belum benar-benar merdeka. Karena kamu masih menyertakan syarat dan ketentuan untuk sekedar menjadi ‘bahagia’. Ini cuma contoh kecil ya. Sisanya kamu simpulkan sendiri deh. 😛

Balik ke topik tentang kemerdekaan Indonesia, mari kita bersama mengisi kemerdekaan ini dengan terus memperbaiki diri dan lebih berkontribusi terhadap kemajuan bangsa ini. Terus peranmu apa? Dengan belajar sungguh-sungguh aja itu sudah cukup berkontribusi dan bentuk nyata cintamu terhadap bangsa ini. Apalagi dengan berprestasi, wah kamu semakin jadi warga negara Indonesia yang baik. Semoga mendapatkan PTN menjadi salah satu kontribusi dan pencapaianmu untuk Indonesia ya. Amien.

Jadi, apakah kamu sudah cukup merdeka untuk merayakan kemerdekaan Indonesia?

Sampai di sini dulu tulisan ini. Kalo diterusin bakal gak mau berhenti. hehehehehe.

Kami juga ingin tahu nih arti kemerdekaan buat kalian-kalian generasi penerus bangsa, jadi, berikan kami feedback mu ya. Ini sayembara lho! Jadi, silakan kamu tulis arti kemerdekaan menurut kalian di kolom komentar. Komentar terbaik akan mendapatkan 10 kupon mitra pelajar. Wahhhh… pelajar mitra mana seh yang sanggup menolak kupon???!!! Kami tunggu ya.

 

Good luck!! 😉

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini