Nah, bagi kalian yang pengen memilih jurusan IPS, berikut alasan yang tepat kenapa kalian pengen memilih jurusan tersebut. Yuuk, kita simak…

Murni keinginan sendiri, bukan paksaan

Hal pertama dan yang paling penting sebelum memutuskan masuk ke jurusan mana adalah berasal dari keinginan sendiri. Pun awalnya adalah dipaksa, namun pastikan kamu mencari tahu tentang jurusan IPS terlebih dahulu lalu menguatkan hati dan bertekad untuk berprestasi di sana.

Kenapa? Karena sesuatu yang dimulai oleh paksaan, tidak akan berakhir dengan hasil yang memuaskan. Pastikan kamu pilih IPS karena keinginanmu sendiri.

Pengen kerja di bidang sosial atau non-eksakta

Bidang sosial itu banyak seperti ekonomi, politik, budaya, seni dan lainnya. Hebatnya lagi, anak-anak sosial akan bertemu dan bercengkrama dengan banyak orang dalam pekerjaannya. Sementara anak IPA cenderung bercengkrama dengan mesin, alam, tambang, minyak dan minim dengan manusia. Kalau kamu pengen kerja di bidang sosial dan nyamannya ketemu sama banyak orang, barangkali IPS adalah jurusan yang tepat untuk kamu.

Punya bakat seni dan olahraga

Alasan masuk jurusan IPS selanjutnya adalah jika kamu punya bakat seni dan olahraga lebih baik ke jurusan IPS. Memangnya kenapa? Karena di sekolah umum kedua bakat/minat di atas ditumpangkan ke IPS, dan ketika di perguruan tinggi nanti keduanya juga berada di bawah rumpun ilmu sosial.

Kemampuan verbal dan komunikasi yang cukup baik

Kalau kamu punya kemampuan bahasa yang cukup baik, dan kamu pandai berkomunikasi dengan orang lain. Mungkin kamu cocok berada di jurusan IPS. Hal ini bisa jadi alasan masuk jurusan IPS dikarenakan IPS memang butuh kemampuan itu, terutama ketika sedang praktek di lapangan dan juga di dunia kerja nantinya–ini bukan berarti anak IPA gak butuh juga lho ya, tapi anak IPS memang terkenal pandai bergaul.

Sumber : hastagcampus.com

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini