3 Waktu terbaik otak untuk Belajar

  1. Home
  2. Serba-serbi
  3. 3 Waktu terbaik otak untuk Belajar

Tidak hanya tubuh, otak manusia memiliki irama tersendiri sehingga ada waktu terbaik otak untuk belajar.

Selama ini tidak banyak orang mengetahui bahwa otak memiliki irama tertentu serta waktu terbaiknya. Di waktu tertentu tersebut menjadi waktu  brilian untuk beraktivitas seperti belajar.

8 Waktu Terbaik bagi Otak Anda

Sebelumnya kita akan membahas waktu-waktu efektif otak melakukan aktivitas berikut ini:

  1. Jam 7 – 9 pagi (Semangat dan gairah): merupakan waktu terbaik untuk memperkuat ikatan hubungan dengan seseorang karena hormon cinta berada di level tertinggi.
  2. Jam 9 – 11 siang (Kreativitas): merupakan waktu paling produktif untuk melakukan aktivitas Anda. Oleh karenanya, jika Anda memiliki tugas segera selesaikan pada waktu ini. Ini karena otak cukup mengeluarkan hormon stres sehingga bisa lebih fokus.
  3. Jam 11 – 2 siang (Mengerjakan Tugas Sulit): merupakan waktu yang cocok untuk mengerjakan tugas berat karena hormon tidur menurun tajam.
  4. Jam 2 – 3 siang (Beristirahat): merupakan saat terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah atau oksigen ke otak agak berkurang. Jam ini Anda akan mengantuk jadi cobalah beristirahat sebentar.
  5. Jam 3 siang – 6 sore (Kolaborasi): merupakan saat otak benar-benar lelah jadi usahakan melakukan kegiatan yang berbeda bersama teman agar bisa lebih santai.
  6. Jam 6 sore – 8 malam (Tugas Pribadi): merupakan waktu terbaik melakukan tugas pribadi karena otak masuk dalam tahap pemeliharaan.
  7. Jam 8 – 10 malam (bersantai): merupakan saat yang tepat untuk bersantai karena Anda mulai mengantuk disebabkan hormon melatonin yang meningkat.
  8. Jam 10 malam ke atas (Saatnya tidur): merupakan saat terbaik untuk tidur.

Nah, Sebenarnya kapan waktu terbaik otak untuk belajar?

  1. Otak bisa fokus biasanya saat pagi hari karena masih dalam keadaan segar, yaitu jam 9 –11 pagi.
  2. Otak akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas berat dan belajar pada Jam 11 – 2 siang.
  3. Setelah belajar otak dapat beristirahat penuh dengan tidur semalaman. Oleh karenanya waktu terbaik otak untuk belajar adalah jam 6 –8 malam.

Sumber: https://primaindisoft.com

Menu
Open chat
Hello, Selamat Datang di Mitra Pelajar Indonesia

Mau dapat Tes Minat Bakat GRATIS??

Silahkan klik tombol di bawah ini